.

Wednesday, April 17, 2013

DIKLAT IMPROVE , BIAYA PUN TAK JADI HALANGAN


Malang-Tahun ini Improve kembali menggelar agenda besar tahunan  yaitu diklat untuk anggota baru Improve . Acara yang dilaksanakan di STPP Singosari ini diikuti oleh Mahasiswa angkatan 2012 dan 2011. Ditahun ini panitia sengaja mengusung tema Character Building  dengan sistim semimiliter. “Diklat ini bertujuan untuk membentuk mental dan fisik yang kuat yaitu melalui Character Building  dan mengerti 6 nilai. Disini juga ditekankan fisik yang kuat karena fisik juga diperlukan untuk menjadi dokter hewan kedepannya”, ungkap Yehuda Laksana Aji  selaku Kapel.
            Acara yang sebenarnya tertunda selama dua minggu ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 12-14 April 2013. Acara ini bersifat mandiri karena tidak menggunakan sumber dana dari pihak Program, tetapi didapatkan dari insert peserta sebanyak 100.000 per orang. Sebelumnya peserta diklat masih kebingungan akan iuran diklat yang cukup mahal karena seharusnya diklat 
ini mendapatkan bantuan dari program. “Menurut saya dengan biaya 100.000 per orang itu tidak terlalu mahal untuk mengikuti diklat selama 3 hari 2 malam karena disini teman-teman mendapatkan makan sebanyak 6 kali. Selain itu penyewaan sleeping bag dan penjualan jas ujan di manfaatkan sie danus untuk menambah dana acara”, tangkas Aji dengna tegas.
Terdapat 187 mahasiswa yang mendaftar, tetapi tidak semuanya mengikuti diklat. Mahasiswa yang yang mengikuti diklat ini mendapatkan banyak manfaat seperti lebih disiplin, bertanggung jawab, memupuk rasa kepedulian dan melatih bekerja dalam tim. Selain itu yang tidak kalah pentingnya peserta  dapat memilih satu dari empat  divisi Improve yang ada, serta berhak mengikuti kegiatan dari setiap divisi. Lalu bagaimana dengan nasib mereka yang tidak mengikuti diklat? 
                 Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Ketua Panitia “Mahasiswa yang tidak mengikuti diklat tidak berhak mengikuti segala kegiatan divisi improve sedangkan yang izin sakit atau izin seperti BCF akan lulus bersyarat dan akan diberi tugas dibelakangnya”.
Hendry Romadhan selaku peserta mengungkapkan ,”Diklat ini sebagai awal untuk anggota Improve. Disini saya mendapatkan banyak pelajaran seperti mengerti watak seseorang, kekompakan, dan kepercayaan. Saya puas dengan fasilitas yang diberikan karena kita makan nya lebih dari 3 kali, dan dari uang 100.000 yang dikonversikan seperti ini menurut saya sudah bagus dan maksimal.”
Lain lagi halnya dengan Deasy Andini  2012 A “Nanti saya akan ikut Divisi Kelawar karena di kelawar itu kita mendapat ilmu tentang penangkaran, konservasi  dan indonesia sangat membutuhkan dokter hewan”Berhubungan dengan insert 100.000 per orang, Deasy berpendapat “Sebenarnya saya cukup bingung, bayar 100.000 tidak mendapatkan kasur dan cuma ada 3 kamar mandi kemudian bayar untuk sewa sleeping bag. Tapi kita sikapi dengan positif aja, karena gag mungkin juga panitia ambil keuntungan pasti mereka maksudnya juga baik untuk kita. Disini kita juga diajarkan untuk lebih mandiri dan tidak manja.” (dif/wp)

0 comments:

Post a Comment