.

Monday, September 16, 2013

“Indonesia Raya yang Terlupakan

“Indonesia Raya yang Terlupakan”
Oleh : Min Rahmatillah*


“Indonesia Raya, Merdeka – Merdeka “
“Tanahkunegeriku yang kucinta”
“Indonesia Raya, Merdeka – Merdeka”
“Hiduplah Indonesia Raya”
Telingakitajelastidakasingdengan 4 bait terakhirdarilagukebangsaan Indonesia ini, lagu yang sangatmenggetarkanjiwadanmengobarkansemangatnasionalisme. Namunsayangsungguhsayang, banyakfakta yang bermunculandimasyarakatbahwaLagukarangan W.R. Soepratmankinimulaiterlupakanbahkantaklagibanyak yang hafal, mungkinhanyaanggotapaduansuara, para supporter olahraga, danmasyarakat yang masihmemiliki rasa cintakepada Indonesia.
“Bangunlahjiwanya, Bangunlahbadanya” mungkin bait yang paling tepatuntukmenggambarkankondisi Indonesia kekinian.Tuntutan global mungkinterlalutinggisehinggabangsakitamencobamelupakanhalkecil yang sebenarnyasangat fundamental.Para pemudapemudimungkinlebihhafallagu K-pop dansejenisnyaketimbanglagulagunasional.Takketinggalanparaorangtualebihmementingkannyanyianrakyatuntukmemupukkekayaanseolaholahtiadaharitanpabekerja.Sedangkanparawakilrakyatsedangongkahongkahmemikirkanbagaimanauangrakyatdihabiskan.Sehinggaketikaditanyasiapapenciptalagu Indonesia Raya jawabanyaadalah “siapaya?” .Bangsa Indonesia kinisedangberadapadatitikkritis, perludibangunjiwadanbadanya agar Bangsa yang besarinitersadarbahwa “Indonesia Raya” bukansekedarnyanyianpelengkapatausebatasformalitasdisetiapupacara, tapi “Indonesia Raya” merupakannyawakecilsebagaipemersatusegalaaspekperbedaansertasebagaikobaransemangatnasionalismemasingmasinganakbangsa.
Ketikahatitaklagibisamemaknai “Indonesia Raya” tidakhanyasekedarlagukebangsaan, makaperlukitakembalikesekolahtingkatdasar agar kitakembalimerasakanbetapanasionalismebenarbenartertancapbegitudalamsehinggamenjadiwarga Indonesia adalahsuatukebangaantertinggi. Air mataluluhbersamasayupsayupsyair, tanganhormatsertapandanganmengarahpada sang merahputih yang perlahanmeninggihinggaberkibar, bersatudiatasbersamaangin yang membawaharapantinggiuntukKesejahteraan Indonesia, membawaharapantinggimenujuKemerdekaan yang seutuhnya. Harapandancitacita Indonesia tidakakantercapaijikarakyatnyamulaitakpekadengankondisibangsanyaapalagidenganlagukebangsaanyasajamerekamulaibenarbenarlupa.
Berbagaipolemik yang kinisedangmenimpaBangsakita, janganlahsampainasionalismeiniperlahanmulailuntur.Nasionalismeharustetapterjagadengantidakmelupakanapa yang menjadipemersatubangsadenganmelakukanhalhalkecilsepertimenjiwaidanmengamalkanapa yang menjaditujuanterciptanya “Indonesia Raya”. Ketikaditanyasalahsiapa?Tidakada yang berhakdisalahkan, biarkanmereka yang tidakpeduliinimendapatkanpetunjukdarikita yang peduliakannasibbangsakita. marilahsalingmengoreksiapakahbenarkitatelahpahamdenganmakna heroic yang terkandungdalam “Indonesia Raya” dan di momen yang tepatinikitasalingintropeksiapakahperjuangan yang kitalakukanuntukbangsaberasaldariniattulusuntukKemerdekaan Indonesia yang seutuhnya. Berbanggalahmenjadibagiandari Indonesia, perjuanganuntukmencapaicitacita Indonesia masihcukuppanjang. Hiduplah Indonesia Raya! Hiduplah Indonesia Raya!




*Penulisadalah PU CANDIDA Pers PKH UB 2013
 


0 comments:

Post a Comment