.

Monday, September 2, 2013

"COPROL" Masuk PIMNAS!

CANDIDA-Malang. Baru baru ini PKH UB berhasil meloloskan dua kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk turut serta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2013 Mataram, sedangkan UB sendiri meloloskan 28 PKM. Salah satu PKM yang lolos pimnas adalah PKMM dengan judul Cat Population Control (COPROL) : Upaya Depopulasi Kucing Liar Jantan untuk Pencegahan Penyakit Zoonosis melalui Pemanfaatan Ekstrak Biji Pinang di Tingkat Pasar Tradisional Kota Malang. Kontrol populasi Kucing untuk mengurangi risiko zoonosis melalui Food Born Disease dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai ancaman besar yang ditimbulkan oleh kucing liar adalah aalasan  kenapa COPROL diselesaikan, sehingga dengan program ini kesehatan masyarakat terpenuhi melalui pasar sehat. Saat diwawancara oleh wartawan CANDIDA via online, Tri Ratih, Ketua Kelompok, menuturkan bahwa kabar gembira ini sungguh tidak disangka, karena semua kelompok PKMM bagus, terutama ZOMBIE yang juga PKMM perwakilan dari PKH UB.

Siap Monev : Super Team "COPROL" sesaat sebelum mengikuti Monev DIKTI

       Kelompok PKMM COPROL beranggotakan 5 orang, yaitu Tri Ratih sebagai Ketua Kelompok,    Uswatun, Riyadlotus, Heni Herwiyati, dan Yulinar Riski Karaman. Keberhasilan COPROL lolos PIMNAS perlu diacungi jempol, mengingat diantara 28 PKM, UB hanya meloloskan 2 PKM untuk kategori PKMM. perjuangan menuju PIMNAS 2013 tidaklah mudah, persiapan kelompok bimbingan Prof.Dr.Aulaniam, drh, DES. ini dilakukan sejak setahun lalu dan merelakan menunda kepulangan libur semester genap akibat monev DIKTI yang mundur dari jadwal semula. "Lebih tepatnya mulai nyusun proposal setelah pendanaan dan menjelang monev dikti, kita benar benar nguras tenaga latihan, revisi sana, revisi sini, upload sana upload sini,dll" papar mahasiswi berjilbab ini. saat ditanya jargon khusus, Ratih mengaku kelompok COPROL tidak  memiliki " ya cuma sering ngebayangin aja kalo coprol masuk pimnas" tambahnya.
        Untuk menambah kesiapan, COPROL bersama 27 kelompok PKM lain akan mengikuti karantina pada tanggal 4/08 sd 5/08. Meskipun persiapan COPROL yang dirasa masih 60 % besar harapan untuk menggondol medali tetap tinggi. "Mohon ridhonya biar tim dari PKH bsa melakukan yg terbaik tentunya didukung dgn kesehatan yg baik pula. krn kesehatan adalah aspek yg sgt penting  smoga kami sehat - sehat selama disana ya" harap mahsiswi yang juga asdos anatomi ini sembari menutup perbincangan.(mrh)




               

0 comments:

Post a Comment