.

Sunday, May 19, 2013

Dari Kandidat Hingga Jadi MAWAPRES 2013


Candida –Malang. Salah satu Mahasiswa PKH berhasil ukir prestasi . Awang begitu sapaannya, mahasiswa PKH UB angkatan 2010 ini memang sudah sejak dulu menorehkan banyak prestasi baik di dalam lingkup universitas, Nasional bahkan internasional dan prestasi yang baru-baru ini adalah predikat  Mahasiswa Berprestasi 2013 di Universitas Brawijaya berhasil ia sabet.
Mahasiswa dengan nama lengkap Ganendra Awang Kristandya ini menceritakan bahwa perjalanan nya menuju peringkat satu MAWAPRES adalah dengan usaha yang cukup keras. Dirinya harus melalui seleksi yang cukup ketat, mulai dari tingkat fakultas dan kemudian dia mampu mengalahkan sekitar 13 calon MAWAPRES yang berasal dari 13 fakultas di UB. Pada seleksi desk evaluation yaitu penyerahan berkas-berkas dia berhasil masuk dalam 5 besar. Selain Awang, keempat  kandidat lainya adalah Angga Erlando (FEB), Angga Sugiarti (FT),  Agustin Capriari (FPIK) dan Ganjar Prima (FH). Kemudian pada tahap seleksi presentasi karya ilmiah dan kemampuan berbahasa asing  terpilih 3 kandidat  terbaik. Dan salah satunya adalah Awang sebagai peringkat pertama.
”Kalo mau jadi MAWAPRES niatnya harus sepenuh hati karena tantangannya cukup besar” papar Awang.
 Ketika di tanya mengenai perasaannya menjadi seorang MAWAPRES, mahasiswa yang pernah menjadi kepala biro ilmiah BEM PKH 2011-2012 ini mengungkapakan kebahagiaan dan rasa syukurnya. Namun dia juga menekankan bahwa MAWAPRES adalah manusia biasa bukan manusia sempurna dalam segala aspek, akan tetapi juga memiliki tanggung jawab yang besar  untuk membuktikan predikat MAWAPRES itu pantas di sandang.
Beberapa prestasi dan Ko-Ekstra Kurikuler yang berhasil mengantarkannya pada predikat MAWAPRES 2013 diantaranya adalah Juara 3 karya tulis ilmiah ALSA-UI English Paper Presentation Competition, Active Debater of Administration English Club (2010 – 2011),Executive Exchange Officer Trustee International Veterinary Student Association Indonesia (IVSA Indonesia) (2012 – 2013), Delegasi  Universitas Brawijaya  pada Bilateral Student Leaders’ Adventure Camp"2012 Vietnam,  Presenter makalah "Animal Welfare Education: The New Weapon to Combat Zoonotic Disease" pada Konferensi Internasional 8th Annual Conference of The Asian Studies Association, Hong Kong, dan beberapa prestasi lainnya baik ditingkat nasional maupun internasional.
Untuk PKH sendiri baru tiga kali mengirimkan kandidat MAWAPRES, dan baru kali ini mahasiswa PKH berhasil menjadi peringkat pertama. Sebelumnya 2 kali berturut-turut di wakili oleh Mohammad Hartanto Yusufa(2008). Meski tidak berhasil menyandang predikat mawapres satu, namun prestasinya cukup baik  yakni  menjadi peringkat ke dua MAWAPRES pada tahun 2012.
Pasca terpilihnya Awang menjadi MAWAPRES, untuk saat ini dirinya tengah mempersiapkan diri, mengikuti seleksi MAWAPRES tingkat nasional. (KH/RW)
Reported by fitriyatunnisa’


0 comments:

Post a Comment