.

Tuesday, May 5, 2015

Live Report Milad 5 Tahun An-Nahl: An-Nahl Berbagi




           
    Pada Sabtu,25 April 2015,lembaga rohis FKH UB,An-Nahl merayakan milad( red-ulang tahun) yang ke-5 tahun. Berbeda dari tahun sebelumnya,perayaan milad kali ini terasa istimewa. Jauh dari acara potong kue,potong tumpeng dan hal-hal lain selayaknya untuk merayakan ulang tahun,An-Nahl sendiri justru merayakannya dengan bakti sosial ke Panti Asuhan Sunan Ampel di daerah Sumbersari. Acara ini dimulai dari seminggu sebelumnya,perwakilan dari An-Nahl begitu gencar menggalang bantuan dari berbagai kelas di tiap angkatan,baik berupa uang maupun benda-benda seperti baju layak pakai dan buku bahkan ada yang memberikan bantuan berupa seterika, Alhamdulillah....
Acara dimulai pukul 16.00 WIB,ketika panitia dan Mak Can tiba di lokasi. Tampak di depan panti asuhan terdapat banyak kotakan kardus bantuan  dari teman-teman FKH.  Ketika An-Nahl datang, tampak adik-adik dari Sunan Ampel terlihat malu-malu. Sekitar pukul 16.30,acara dimulai di aula atas panti asuhan tersebut. Acara diawali dengan pembacaan Al-Quran  oleh Noor (2014),dan akhirnya bergema lah jargon dari An-Nahl. Acara dilanjutkan dengan sambutan  ketua An-Nahl, Abdul Wahid(2012A). “An-Nahl,merajut ukhuwah,menebar dakwah”. Jargon tersebut mencairkan suasana dan adik-adik di panti yang awalnya malu-malu mulai membuka diri dan saling tersenyum kepada kami. Acara semakin menyentuh saat Kak Silvi angkatan 2008 mengisi  materi dengan cerita perjalanan hidupnya mengenal Islam. Cerita tentang penemuan hidayah tentang Islam itu menyentuh hati yang mendengarkan,baik dari anggota An-Nahl  maupun dari adik-adiknya  panti asuhan sendiri. Acara semakin terasa sangat akrab ketika sesi kreatifitas dari Kemuslimahan An-Nahl dimulai, dalam kegiatan ini Kemuslimahan An-Nahlmengajarkan pada anak-anak di panti asuhan  membuat origami dan pin jilbab untuk yang putri,sedangkan untuk yang putra,para panitia dari An-Nahl  membaur sambil saling berbagi cerita ditemani oleh jajanan sederhana yang menambah keakraban pertemuan tersebut.
Milad kali ini akan memupuk rasa syukur kita. Memang berbeda dari tahun sebelumnya,kali ini kita mengadakan bakti sosial,agar kita bisa bersyukur dan berbagi dengan anak-anak yang kurang beruntung dibanding kita. Selain itu dengan acara seperti ini,kita juga bisa memupuk rasa ukhuwah antara kita dengan pihak panti asuhan ini”, ungkap Ilman Rois selaku kapel acara milad ini. Menjelang maghrib kegiatan dihentikan,anggota An-Nahl dan adik-adik panti asuhan melakukan shalat berjamaah. Setelah itu,dilanjutkan dengan makan malam bersama antara pihak panti asuhan dan anggota An-Nahl.
Terima kasih telah datang kesini. Kami sangat senang jika ada yang berkunjung dan masih menjalin silaturrahmi dengan kami. Nanti kalau ada kesempatan,main-main aja kesini mbak,kami sangat senang jika nanti mbak-mbaknya berkunjung dan kita bisa kumpul kayak gini lagi”,ujar Eva, salah satu penghuni panti asuhan tersebut.
Karena semakin malam,acara pun diakhiri dengan sesi berfoto bersama. Disini Mak can merasa sedih, karena saat akan pulang,Mak can menyaksikan kejadian yang mengharukan. Saat salah seorang adik di panti itu menarik baju salah satu anggota An-Nahl dan mereka saling berpelukan. Mak can melihat ada genangan air mata disana. Mak can sendiri secara pribadi sangat senang masih diadakan acara seperti ini. Acara berbagi yang  membuat kita peka terhadap lingkungan yang kurang beruntung  di sekitar kita. Mak can salut kepada An-Nahl yang telah mengubah paradigma bahwa milad tak selalu harus dirayakan dengan pesta pora, melalui kegiatan bakti sosial seperti ini justru menambah esensi milad itu sendiri sebagai ajang untuk bersyukur. Sukses selalu An-Nahl,semoga acara seperti ini tetap dilestarikan. Salam Mak Can~~ (NR)

0 comments:

Post a Comment