.

Tuesday, May 5, 2015

Resmi! Lembaga Otonom dan Lembaga Semi Otonom Dilantik




Malang, Candida – Lembaga Otonom dan Lembaga Semi Otonom Program Kedokteran Hewan UB Tahun 2015 akhirnya resmi dilantik oleh Ketua Program, Dr. Agung Pramana Waruh Mahendra, berdasarkan Keputusan Ketua Program Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Nomor: 02 – 07/UN.10.13/SK/2015, pada Rabu (29/4) di Ruang Sidang lantai 2 PKH UB. Meski pelantikan terlambat hampir 4 bulan sejak Musyawarah Umum Mahasiswa (MUM), pelantikan ini jauh lebih cepat daripada masa kepengurusan sebelumnya (periode 2014) yang baru dilantik satu bulan sebelum masa jabatan berakhir. Mundurnya waktu pelantikan ini pun tidak berpengaruh terhadap jalannya program kerja dari lembaga otonom dan semi otonom yang sudah memasuki bulan ke 4.
Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Program ini hanya dihadiri oleh Ketua Program dan Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Edhy Sudjarwo, selain itu turut hadir pula Dr. drh. Djoko Winarso. Sedangkan PD I Prof. Dr. Aulanni’am dan PD II Prof. Dr. Djalal Rosyidi berhalangan hadir. Prof. Djalal sendiri sedang berada di Turki. Dari pihak Dewan Perwakilan Mahasiswa, hanya Dicky Yoga (2013) saja yang tidak menghadiri pelantikan karena sedang mengikuti kompetisi Brawijaya Futsal League (BFL). Lembaga Otonom Badan Eksekutif Mahasiswa datang lengkap, dipimpin langsung oleh Presiden Hendri Ramdhoni dan Wakil Presiden Nirwan Maulana. Untuk Lembaga Semi Otonom IMPROVE yang dikomandoi oleh Adrian Bagus Prakoso datang kurang lengkap tanpa Ketua Divisi KERTAS Nicho Pradana. Datang pula Annisa Nurbani selaku Ketua Veterinary Harmony Choir dan Abdul Wahid selaku Ketua An-Nahl. Selain perwakilan lembaga, hadir pula Komting angkatan 2014 (Avengers), Febry Sysdityawan.
Awalnya acara yang sempat terlambat 30 menit lebih ini sempat membuat PD III Edhy Sudjarwo bingung, karena adanya jadwal yang bentrok dengan acara Mawapres UB, dimana beliau lah yang mengetuainya. Namun walau terlambat, pelantikan berjalan lancar dan khikmat. Acara dibuka dengan persembahan lagu Indonesia Raya oleh VHC dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Aziz Aninur dari An-Nahl. Pelantikan dilakukan menurut Keputusan Ketua Program Kedokteran Hewan UB Nomor: 02/UN10.13/SK/2015 tentang Susunan Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa PKH UB Periode Januari – Desember 2015, Nomor: 03/UN10.13/SK/2015 tentang Pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden BEM PKH UB Periode Januari – Desember 2015, Nomor: 04/UN10.13/SK/2015 tentang Pengangkatan Ketua Umum IMPROVE PKH UB Periode Januari – Desember 2015, Nomor: 05/UN10.13/SK/2015 tentang Pengangkatan Ketua Umum An-Nahl PKH UB Periode Januari – Desember 2015, Nomor: 06/UN10.13/SK/2015 tentang Pengangkatan Ketua Umum Veterinary Harmony Choir PKH UB Periode Januari – Desember 2015, dan menurut Keputusan Ketua Program Kedokteran Hewan UB Nomor: 07/UN10.13/SK/2015 tentang Pengangkatan Utusan Kongres IMPROVE PKH UB Periode Januari – Desember 2015.
Dengan Keputusan ini, kepengurusan lembaga otonom dan lembaga semi otonom Program Kedokteran Hewan UB pun telah resmi. Dalam sambutannya, Dr. Agung mengucapkan harapannya agar pengurus akan selalu memberikan perbaikan dan perubahan terhadap segala macam aktivitas kemahasiswaan, beliau juga mengapresiasi kinerja kepengurusan lembaga periode sebelumnya, “kami juga mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan periode sebelumnya yang telah memberikan landasan yang kuat bagi kepengurusan berikutnya untuk melakukan perbaikan – perbaikan dalam segala aktivitas kemahasiswaan.” Tak hanya itu, beliau juga berbicara mengenai organisasi profesi (PDHI), dimana kegiatan berorganisasi di kampus pun harus mengacu pada aturan keprofesian, “kegiatan kemahasiswaan harus mengacu pada aturan – aturan keprofesian, harus membiasakan diri pada tata laku, tata pikir, tata moral dari profesi,” beliau juga menegaskan bahwa aturan – aturan yang mengikat tata laksana keprofesian kedokteran hewan lebih rapi daripada profesi – profesi lainnya. Menurut beliau, penerapan aturan profesi dalam kelembagaan akan membawa kerja sama yang baik antara lembaga satu dengan yang lain, maupun hubungan dengan mahasiswa, “apabila mampu untuk menerapkan (aturan profesi), saya yakin hubungan antar personal akan semakin baik dan akan menjadi sebuah momentum bagi kepengurusan ini untuk menjadi sebuah lompatan,” tegasnya. Besar harapan Dr. Agung pada kepengurusan periode 2015 ini untuk mengembangkan jaringannya lebih luas lagi daripada tahun – tahun sebelumnya (AB/AR).

0 comments:

Post a Comment