.

Friday, May 1, 2015

“Universitas Brawijaya Juara I Agritech Exhibition UNHAS”





Beberapa hari yang lalu  tim dari Mak Can telah mewawancarai Rizka Utami Putri, mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya angkatan 2013 yang kabarnya menjadi juara Ibersama timnya dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dalam acara LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Agritech Exhibiton yang diadakan di Universitas Hasanuddin Makassar pada Bulan April lalu. Mahasiswi kece badai ini menuturkan bahwa dalam eventersebut ia tidak sendiri “ Jadi  LKTI tersebut dilakukan secara beregu atau kelompok,  dalam satu tim kami terdiri dari 3 orang yaitu aku sendiri dan 2 anggota lagi mahasiswi Fakultas Peternakan dari Brawijaya juga. Dan dalam LKTI ini aku berperan sebagai presentator mewakili tim dari Brawijaya”. Lebih jelasnya LKTI Agritech Exhibition  ini merupakan even skala nasional  yang setiap tahun diadakan oleh Universitas Hasanuddin Makassar dan diikuti oleh mahasiswa dari universitas se-Indonesia dimana pada tahun 2015 ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 14 April. Terdapat 2 tipe LKTI yang dilombakan yaitu tentang inovasi teknologi pertanian dan konsep pertanian. Untuk tipe teknologi pertanian halyang dilombakan yaitu  produk olahan  makanan dari bahan pertanian, sedangkan untuk tipe konsep pertanian  sendiri merupakan lomba  tentang pembuatan alat pertanian atau sistem pertanian.
Karyatulis yang dibuat Rizkadan kawan-kawan memiliki tipe konsep pertanian. Dalam Karya tulis yang dibuatnya, Rizka dan kawan-kawan mengusung judul “Implementasi Kandang Ekologi  Berbasis Animal Welfare dan IB untuk Luwak”.  Alasan pemilihan judul ini adalah, menurut Peta Indonesia merupakan negara yang paling kejam  dalam  memperlakukan luwak walaupun Indonesia sendiri merupakan negara pengekspor kopi luwak terbesar di dunia. Para peternak melakukan berbagai macam cara demi memperoleh kopi luwak yang melimpah bahkan para peternak tega dengan hanya memberi luwak pakan kopi saja tanpa tambahan pakan lain. Dalam konsepannya tersebut Rizka menjelaskan, “Dalam konsep  kita ini akan dibuat 2 tipe kandang yaitu  kandang eksitu dan insitu. Pada kandang eksitu akan dibuat seperti habitat alami luwak dimana luwak dapat melakukan exercise sebagaimana mestinya dan untuk kandang insitu dibuat untuk tempat luwak bereproduksi dan sebagainya. Sedangakan IB untuk luwak sendiri dilakukan dengan cara seperti IB pada ayam baik pengambilan spesimen sperma maupun fertilisasinya”.
Menurut Rizka LKTI yang diikutinya ini cukup seru walaupun waktunya kurang tepat yaitu tepat di tengah-tengah Ujian Tengah  Semester (UTS). Demi untuk ikut LKTI  ia harus meminta dispensasi dan ikut ujian susulan. Beruntungnya pengorbanan yang dilakukan Rizka dan kawan-kawan berbuah manis dengan dapat menjadi juara I Agritech Exhibition dalam hal konsep pertanian. “Alhamdulillah pengorbanan kita untuk jauh-jauh ke Makassar dan meninggalkan ujian nggak sia-sia” ungkap Rizka dengan senyum khas berlesung pipinya. Wah salut untuk prestasi kalian, Mak Can mengucapkan selamat buat Rizka dan kawan-kawan. Mak Can doakan semoga kedepannya semakin sukses dan membuat bangga Brawijaya, khususnya FKH......Amin.(FH)

0 comments:

Post a Comment