.

Tuesday, May 5, 2015

Live Report World Veterinary Day: AKSI DAMAI PERTAMA, RAYAKAN WORLD VETERINARY DAY



            Tanggal 26 April 2015 kemarin segenap Civitas FKH UB mengadakan aksi damai turun ke jalan untuk memperingati World Veterinary Day (WVD) yang jatuh bertepatan pada setiap tanggal 25 April. Aksi damai ini diprakarsai oleh Kementerian Kajian dan Strategi (KASTRAD) BEM FKH RESPONSIVE. WVD kali ini mengusung tema Vector Borne Disease With Zoonotic Potential, dimana tema ini bermaksud untuk mengenalkan kepada lapisan masyarakat bahaya dari penyakit zoonosis yang dapat ditularkan oleh vektor yang sering kali kita temu sekitar di lingkungan. Contoh dari penyakit dari vector borne diseaseyang berpotensial membawa penyakit zoonosis adalah malaria, schistomiasis, lymphatic filariasis, african trypanosomiasis (sleeping sickness), leishmaniasis dan onchocerciasis (river blindness). Kementerian KASTRAD mengemas tema WVD kali ini dengan sebuat teatrikal yang diperankan oleh beberapa mahasiswa sendiri, tak urung Menteri dari Kementerian KASTRAD sendiri menjadi salah satu pemeran utama dalam teatrikal ini.
         Acara aksi damai WVD ini sebelumnya sedikit mengalami kendala dimana tempat diadakannya aksi tidak sesuai dengan rencana awal yaitu di CFD Ijen dikarenakan suatu hal, sehingga aksi damai yang diadakan KASTRAD untuk pertama kalinya ini, diadakan di halaman Mall MX. Tidak mengurangi semangat civitas FKH UB, aksi dimulai dengan melakukan long march dengan start gazebo pasca UB, melewati sepanjang jalan Mayjend D.I. Panjaitan, mengarah ke jalan Bogor Atas menuju Taman Makam Pahlawan hingga Jalan Veteran dan melakukan aksi damai terpusat di halaman Mall MX. Puncak dari aksi ini diadakannya teatrikal yang menceritakan seorang anak bersama seekor anjingnya berjalan – jalan, sayangnya mereka berdua kemudian diserang oleh kawanan nyamuk nakal yang menghisap darah dan dapat menularkan penyakit zoonosis. Untungnya ada dokter hewan yang menyelamatkan mereka berdua dan melawan kawanan nyamuk nakal tersebut hingga nyamuk-nyamuk itu K.O. Rentetan teatrikal ini diperankan oleh Dita (2014) sebagai dokter hewan, Bayu (2012) sebagai anak kecil dan anjingnya entong, serta yang berperan sebagai nyamuk nakal adalah Alex (2013) Wafa (2014) dan Khairul Umam (2014). Teatrikal ini diakhiri dengan pembacaan puisi oleh mahasiswa FKH UB angkatan 2014 yang ikut berpartisipasi dalam acara aksi damai ini yaitu Febby (2014), Irul (2014) dan Rara (2014).
            Pada Aksi damai ini MakCan berkesempatan untuk mewancarai beberapa partisipan yang ikut dalam aksi ini, salah satunya adalah mahasiswa baru yang cukup antusias mengikuti aksi damai ini, “Acaranya cukup menarik, tapi sayangnya antusiasme dan partisipannya kurang dan tempatnya kurang efektif sehingga masyarakat kurang tahu” ungkap Khairul salah satu partisipan dari angkatan 2014.
            Sebagai penutupdari aksi damai ini, panitia membagi – bagikan balon berwarna ungu yang merupakan warna kebanggaan veteriner dan ditutup denganflash mob yang sangat seru. Pada penghujung acara Mak Can juga berkesempatan untuk berbincang sebentar dengan Ketua Pelaksana Aksi damai ini yang sangat berharap semoga aksi damai ini dapat dilakukan untuk tahun – tahun kedepannya “ WVD merupakan momentum kedokteran hewan, dan setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda, pada acara aksi damai kali ini merupakan aksi pertama kali yang diadakan oleh KASTRAD FKH UB sehingga diharapkan terus berkembang setiap tahunnya”  harap Bayu yang merupakan Menteri KASTRAD BEM FKH UB.
            Aksi damai ini juga di hadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden BEM FKH UB yaitu Hendri Ramdhoni dan Nirwan Maulana.Pada kesempatan ini Hendri berharap agar dokter hewan se-Indonesia semakin maju dalam dunia veteriner, “Sebagai mahasiwa Kedokteran Hewan juga harus berkontribusi aktif dengan aksi, dan walaupun belum dapat terjun langsung Mahasiwa KH dapat melakukan pengaduan adanya kejadian zoonosis ke PDHI. Sehingga semua elemen dalam Kedokteran Hewan harus berkonstribusi Aktif baik Mahasiswanya ataupun Dokter Hewannya.”
            MakCan tak lupa mengucapkan Selamat Hari Kedokteran Hewan Sedunia! Maju terus kedokteran Hewan Indonesia! VIVA VETERINER!(AR)

0 comments:

Post a Comment