.

Tuesday, October 20, 2015

Live Report PKM Maba: Kenalkan PKM Lebih Dini pada Mahasiswa Baru



Malang-Candida. Rangkaian Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PROBINMABA) terus berlanjut, kali ini mahasiswa baru dikenalkan dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Bertepat di gedung B FKH UB, pada hari sabtu (3/10) mahasiswa baru berkesempatan untuk mendapat sosialisasi PKM 5 Bidang oleh Bapak Eko Widodo, Phd. selaku Staff Ahli Wakil oleh Rektor III dan sharing dengan kelompok PKM lolos PIMNAS 2014. Rangkaian acara ini dimaksudkan untuk membuka pikiran mahasiswa baru tentang tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian, penelitian dan pendidikan.
          PKM merupakan ajang bergengsi untuk mahasiswa yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang pada akhirnya dipresentasikan secara nasional antar universitas seluruh Indonesia dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PKM 5 bidang yang disosialisasikan padaacara ini adalah PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Teknologi (PKM-T), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), dan PKM-Kewirausahaan (PKM-K). Dalam materinya, Pak Eko Widodo menjelaskan tentang macam – macam PKM dan alur kegiatan PKM mulai dari proposal mahasiswa, lembar pengesahan oleh dosen pendamping danwakil rektor III, pengunggahan PKM, hingga monitoring evaluasi dan laporan akhir pelaksanaan PKM. Selain itu Pak Eko Widodo juga berbag itips mencari topic aktual yang kreatif secara cepat dan tepat serta tips menulis proposal PKM mulai dari memilih judul yang menarik hingga isi yang sesui dengan format.
          Selain sosialisasi PKM 5 bidang, mahasiswa baru dapat sharing dengan kelompok PKM lolos PIMNAS 2014 yang diketuai oleh Awangga (2012). Dalam kesempatan tersebut, Awangga dkk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk lebih semangat dalam merealisasikan ide-ide kreatifdalam PKM. Selain itu Awangga dkk. Juga berbagi pengalaman ketika PIMNAS dan kemudahan dalam skripsi apabila PKM lolos PIMNAS.
          “Sosialisasi ini bermanfaat untuk mahasiswa baru sebagai pengenalan awal PKM dan selain itu untuk menarik minat mahasiswa baru dalam PKM tahap pertama yaitu tugas PROBINMABA yang keluarannya akan dilombakan dalam ajang Rektor Cup.”Ungkap Melinda (2014) selaku Koordinator ilmiah PROBINMABA (AR)

0 comments:

Post a Comment