.

Thursday, October 1, 2015

Live Report : We Not Just Silence, We Act : Aksi Diam World Rabies Day 2015



Untuk memperingati World Rabies Day yang diperingati setiap tanggal 28 September, pada Minggu, 27 September 2015, Kementerian Kajian dan Strategi bekerjasama dengan IMPROVE Kepeta dan Kelawar, Kolegium Program Kedokteran Hewan dan beberapa volunteer Mahasiswa FKH UB mengadakan ‘Aksi Diam’. Aksi diam yang bertajuk ‘Vow of Silence Action’ ini diadakan disepanjang Jalan Ijen pada saat car free day berlangsung. Aksi diam ini sangat menarik perhatian pengunjung CFD, pasalnya pengunjung disuguhkan dengan adaya ‘face painting’ yang dilakukan panitia WRD dan volunteer  yang tidak bicara (diam) hanya saja mereka berbicara melalui tulisan yang berisikan info seputar rabies. Banyak sekali pengunjung yang tertarik dan ikut membaca tulisan tersebut sehingga tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pun dapat tercapai. Selain itu banyak juga masyarakat yang meramaikan dengan cara ikut berfoto sehingga aksi ini dapat tersebar keseluruh lapisan masyarakat.
            Aksi diam ini dimulai saat panitia dan volunteer berdiri disepanjang Jalan Ijen CFD kemudian dilanjutkan dengan berjalan mengelilingi jalanan CFD dan meneriakkan jargon aksi diam yaitu ‘WE ACT’. Menurut Ketua Teknis Lapangan yang juga menjabat sebagai Menteri Kajian dan Strategi, C. Algriawan Bayu, tujuan utama acara ini adalah untuk memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia, namun yang tidak kalah penting dalam aksi ini bertujuan untuk membiasakan atmosfer aksi bagi Mahasiswa PKH UB yang notabene sangat sibuk dengan perkuliahan, kepanitiaan dan organisasi, mahasiswa dituntut agar lebih peka untuk mau bertindak terutama padahal yang menyangku totoritas Kedokteran Hewan. Mengapa harus aksi diam? Karena aksi ini dikemas dengan sederhana sehingga Mahasiswa PKH UB yang menjadi volunteer tidak terlalu terbebani dan juga unik dengan adanya face painting yang dapat menarik perhatian masyarakat sehingga pesan terhadap rabies dapat tersalurkan.
            Diharapkan dari acara ini mahasiswa lebih peka dengan isu yang ada disekitarnya dan juga tetap memberikan edukasi untuk masyarakat luas. Untuk Kolega PKH UB, Happy World Rabies Day, lets fight against rabies, not just silence but ACT!

0 comments:

Post a Comment