.

Wednesday, April 29, 2015

Live Report Donor Darah FKH UB: 32 KANTUNG DARAH MUDA FKH UB



Pada kesempatan kali ini Mak Can berkesempatan untuk berbagi informasi mengenai salah satu kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Advokasi dan Sosial (VOSIL) pada Selasa, 28 April 2015. Bertempat di gedung A22 FKH UB, kegiatan donor darah yang mengusung tema ‘Darah Muda : Dari Pemuda Untuk Bangsa’ diadakan mulai pukul 09.00 hingga 12.30. Antusiasme dari mahasiswa FKH UB sangat terasa sekali, terlihat dari banyaknya mahasiswa yang ikut mendonorkan darah bahkan masih banyak yang ingin mendonorkan darahnya saat PMI memutuskan untuk menyudahi acara donor darah tersebut, dikarenakan kekhawatiran jika darah yang disumbangkan diawal acara rusak atau membeku, sehingga PMI menyudahi acara lebih awal.
            Menurut Kapel Acara Donor darah, Rizal Pandu (2014 A) acara ini merupakan salah satu proker tahunan dari VOSIL yang bertujuan untuk memfasilitasi atau  menjembatani mahasiswa FKH UB yang sibuk kuliah maupun organisasi dan ingin berbagi untuk masyarakat luas, khususnya masyarakat disekitar Malang yang membutuhkan bantuan berupa darah. “Saya merasa sangat senang dengan antusiasme mahasiswa FKH UB yang mengikuti kegiatan donor darah tahun ini, apalagi selain mahasiswa, Ketua Program FKH UB, Dr. Agung Pramana Warih Marhendra, M.Si dan juga Wakli Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FKH UB
Dr. Ir. Edhy Sudjarwo, MS, juga turut menyumbangkan darah kepada PMI.  Saya juga merasa senang karena target dari acara ini tercapai. Awalnya VOSIL menargetkan acara donor darah ini akan mendapat donoran darah sebanyak 30 kantung namun  setelah didata kembali total kantung darah yang didapat sebanyak 32 kantung dan telah melebihi jumlah target awal”, jelas Rizal.
            PMI sebagai organisasi yang menjembatani acara donor darah ini juga mengucapkan terima kasih sedalam - dalamnya kepada mahasiswa FKH UB karena bersedia menjadi penunjang stok darah, bahkan berdasarkan keterangan PMI, mahasiswa menjadi penunjang stok kedua setelah angkatan  militer. PMI mengharapkan bahwasanya acara ini dapat berkelanjutan dan mahasiswa tetap bersemangat untuk meningkatkan kepeduliannya dalam menyumbangkan darah sebagai suatu amal yang sangat membantu sekali bagi masyarakat luas.
            Salah satu pendonor, Ratna (2013 C), berpendapat bahwa acara ini sangat bermanfaat sekali karena kita dapat menyumbangkan darah  kita bagi orang yang membutuhkannya. Ratna berpesan kepada panitia donor darah yang akan datang agar dapat memberikan edukasi kepada mahasiswa FKH UB, apalagi kepada mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya namun masih binggung dengan persyaratan untuk mendonor ataupun kepada mahasiswa yang merasa takut namun penasaran dan  ingin ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya. Harapannya agar lebih banyak lagi mahasiswa yang berpartisipasi sehingga FKH UB dapat memberikan sumbangan darah dalam jumlah yang banyak kepada PMI.
            Untuk kedepannya sebaiknya acara seperti ini lebih sering diadakan, karena banyak sekali mahasiswa FKH UB yang ingin berpartisipasi namun terhalang oleh waktu. Rizal Pandu selaku Kapel Donor Darah juga menginformasikan bahwa akan diadakan  lagi acara donor darah berdekatan dengan Dies Natalis FKH UB yang ke 7. Semoga dengan diadakannya acara seperti ini dapat memupuk jiwa sosial mahasiswa FKH UB kedepannya. (NMC)

0 comments:

Post a Comment