.

Wednesday, June 3, 2015

Live Report Seminar Peringatan Hari Susu se-Dunia: “Managing and Packaging Cow Milk Technology and The Coleration with Milk Borne Disease”



          Malang- 23 Mei merupakan hari susu yang diperingati di seluruh dunia. Dalam hal ini, sebagai bukti kontribusi  dan keikutsertaan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya pada even tersebut, mereka menyelenggarakan sebuah seminar, khususnya teman-teman yang tergabung dalam Ikatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE) divisi Kelompok Ternak Besar (KERTAS). Seminar yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Susu se-Dunia ini bertemakan “Managing and Packaging Cow Milk Technology and The Coleration with Milk Borne Disease”. Pemilihan tema seminar tersebut dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat, khusunya mahasiswa tentang cara pengolahan susu yang benar dan penyakit-penyakit yang bisa disebabkan atau ditularkan melalui susu. Menurut ketua pelaksana seminar yaitu Moch. Dwiky Assyarofi, seminar ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi khususnya kepada mahasiswa mengenai penanganan dan pengolahan susu serta penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui susu akibat tidak tepatnya penanganan dan pengolahan susu, sehingga dengan demikian hal tersebut dapat menjamin kualitas dan keamanan susu sebagai makanan yang sehat, amanserta meminimalisir terjadinya milkborne disease.
          Seminar tersebut diselenggarakan di Aula MAN 3 Malang yang terletak di Jalan Bogor Malang. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diawali dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pelaksana Seminar Hari Susu, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua IMPROVE divisi KERTAS , Nicho Pradana Putradan juga sambutan oleh Ketua Umum IMPROVE, Adrian Bagus Prakoso. Seminar tersebut diisi oleh tiga pemateri.Materi pertama mengenai “Susu Sehat dan Milkborne Disease” disampaikan oleh dosen FKH UB yaitu  drh. Ani Setyaningrum. Materi kedua disampaikan  oleh  drh. Widya Ayu, yang berisi tentang “Pengolahan dan Pengemasan Susu Sapi”. Sedangkan  materi terakhir mengenai “Edupreneur: Dari Pemerahan, Pengolahan dan Pemasaran Susu Sapi” disampaikan oleh Bapak Edy Hayatullah. Dalam seminar tersebut Bapak Edy tidak hanya sekedar memberikan materi namun beliau juga berbagi pengalaman khususnya tentang dairy farm. Pengalamann dan eksistensi Bapak Edy mengenai bidang sapi perah tidak perlu diragukan lagi, beliau  merupakan pemilik sebuah farm sapi perah di daerah Nongkojajar.Terlebih lagi beliau memiliki pengalaman studi di New Zealand yang tentunya berkaitan dengan bidang dairy farm atau sapi perah.
          Menurut salah seorang pemateri yaitu drh. Widya Ayu, acara seminar yang diadakan oleh teman-teman mahasiswa FKH UB dalam memperingati hari susu se-dunia ini cukup asyik dan para pesertanya cukup antusias. drh. Widya Ayu berharap apabila acara serupa dapat diselenggarakan kembali  dan semoga tidak hanya seminar saja namun juga sekaligusdiadakan workshop, dimana dengan diselenggarakan workshop akan dapat melatih dan meningkatkan skill dilapangan khususnya bagi dokter hewan untuk menentukan diagnosa dan menetukan tindakan serta cara penyembuhan yang benar dan efisien. Sedangkan menurut seorang peserta seminar yaitu Tia Sundari mahasiswi FKH UB kelas 2013-B, seminar yang diadakan cukup bagus materinya. Sayangnya, menurut Tia materi yang disampaikan terkesan menumpuk karena materi yang disampaikan oleh setiap pemateri isinya hapir sama. Menurut Mak Can sendiri, seminar yang diselenggarakan oleh teman-teman mahasiwa FKH UB ini cukup bagus, asyik dan menarik serta tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan kegiatan. Mak Can berharap semoga dengan diadakannya acara serupa baik oleh semua divisi IMPROVE KERTAS maupun divisi IMPROVElainnya akan membawa FKH UB semakin baik dan sukses kedepannya.(FH)

0 comments:

Post a Comment