.

Sunday, March 17, 2013

KERTAS: Gelar Pelatihan IB Kambing


Malang- IMPROVE KERTAS ( Kelompok Minat Ternak Besar ) sukses menyelenggarakan pelatihan Inseminasi Buatan (IB) pada hari Sabtu – Minggu (16/03-17/03). Acara yang bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana cara melakukan IB pada Kambing ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari angkatan 2009 - 2011. 





” 2012 memang sengaja belum diikutkan dengan alasan belum mendapatkan mata kuliah Kebidanan dan Kemajiran.” Tutur Rima, Ketua Pelaksana Pelatihan IB Kambing.
Pelatihan terbagi atas 2 sesi. Sesi Workshop dilakukan pada hari Sabtu (16/03 ) di PKH C-5. Dr.Ir.Nuriyadi ditunjuk sebagai pemateri yang menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana teknik yang digunakan sebelum melakukan IB pada Kambing. Sesi pertama sendiri dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Sesi selanjutnya adalah praktek IB Kambing yang bertempat di Perumahan Sengkaling Indah. Sesi kedua berlangsung pada hari Minggu (17/03 ) dimulai pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Dalam pelatihan ini panitia menyediakan 2 ekor kambing untuk 1 kelompok, 1 kelompok terdiri atas 3 orang, jadi 1 peserta mendapatkan jatah 2x IB.
Pelatihan IB kambing merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa PKH, hal ini dikarenakan jarang sekali dilaksanakan pelatihan IB, khususnya pada ternak kambing. Saat disinggung masalah keuangan, Rima memaparkan bahwa dana berasal dari uang kas KERTAS serta iuran masing masing peserta dan panitia. Kesulitan dalam hal administrasi juga sempat menjadi kendala, akan tetapi panitia berhasil mengatasinya. “Harapanya pelatihan IB bisa dilakukan tiap semester dan peserta tidak hanya berasal dari PKH UB saja” ujar Rima dan menutup pembicaraan. (mrh)


0 comments:

Post a Comment