.

Thursday, April 9, 2015

Live Report from Dog Day: Serunya “A Day with Smart Dogs”

Show up your smart dog!! Begitulah seruan jargon tanda antusiasme dari teman-teman panitia FKH UB untuk memperingati Dog Day yang dilaksanakan tanggal 5 April 2015 lalu di Car Free Day, Ijen, Malang. Sebenarnya kegiatan Dog Day ini merupakan rangkaian acara peringatan hari hewan terlantar atau biasa disebut Animal Strayday yang dilaksanakan sehari sebelumnya di shelter kucing yang berlokasi di Dieng. Tepat pukul 7.00 acara dibuka dengan hangat oleh kakak R. Yusran Karima dari angkatan 2011 dan kakak Atma Hiyal Ulya A. dari angkatan 2012 selaku master of ceremony. Pembukaan oleh MC ini sekaligus sebagai pembukaan registrasi bagi peserta fun walk dan games seru yang telah disediakan panitia, tentu saja dengan melibatkan anjing-anjing lucu dengan para pemiliknya.
Antusiasme pengunjung CFD Ijen sangat luar biasa dalam memeriahkan rangkaian acara peringatan Dog Day ini. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengunjung yang berdesakan untuk mendaftarkan anjing-anjing mereka sekaligus menantikan acara-acara selanjutnya dalam rangkaian acara Dog Day yang telah disiapkan dengan matang oleh rekan-rekan panitia. Tidak lama, pukul 7.30 dilaksanakan fun walk yang diikuti oleh sejumlah anjing dari ras besar, seperti : labrador, rotveiler dan samonyet serta anjing-anjing dari ras kecil yang lucu nan menggemaskan seperti : mini pom, shizu dan pudel. Anjing-anjing ini berjalan beriringan bersama pemiliknya melalui rute yang telah ditentukan hingga mencapai garis finish tepat disebelah panggung utama CFD Ijen. Tidak kalah seru, rekan-rekan panitia juga membentuk barisan border disepanjang rute parade.
Matahari rupanya semakin terik, namun keseruan justru semakin memuncak. Setelah parade selesai, anjing-anjing beserta pemiliknya berkumpul di dekat garis finish untuk mendengarkan talkshow yang disampaikan bapak Toto selaku ketua dari Canine Malang yang ikut memeriahkan rangkaian ini. Tidak berselang lama rupanya banyak pengunjung yang tertarik untuk menyampaikan pertanyaan dan sharing kepada bapak Toto seputar anjing mereka. Acara talkshow ditutup dengan atraksi anjing-anjing Canine Malang yang menimbulkan decak kagum sekaligus tawa di tengah-tengah para peserta.
Pada rangkaian acara Dog Day ini juga dimeriahkan oleh kedatangan teman-teman Dogs Lover yang menambah kemeriahan acara. Sebagai penghujung acara dilaksanakan games ketangkasan anjing-anjing ras kecil bertajuk Aku Cepat Kamu Cepat yang menyita perhatian para pengujung CFD Ijen dan peserta Dog Day. Layaknya perlombaan pada saat peringatan 17 Agustus, pemilik diharuskan untuk mampu memasukkan pensil ke dalam botol, sedangkan anjing-anjing mereka diwajibkan untuk menghabiskan dog food yang telah disediakan sesuai waktu yang ditentukan. Banyak hal-hal lucu yang terjadi pada game ini lantaran beberapa anjing tidak mau menyentuh sedikitpun dog food yang telah disediakan. Dari permainan ini diambil juara 1, 2 dan 3 yang dimenangkan oleh anjing bernama Lilo (juara I), Barbosa (juara II) dan Fiko (juara III). Selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah kepada seluruh juara, penyerahan hadiah ini menjadi penutup rangkaian acara Dog Day yang berakhir pada pukul 9.15. Tidak lupa panitia juga menyerahkan vandel kepada perwakilan Canine Malang dan komunitas Dogs Lover sebagai wujud hormat dan terima kasih atas partisipasinya dalam memeriahkan acara yang menjadi program kerja rutin Kelompok Pet Animal (Kepeta) FKH UB ini.
Di sela-sela kesibukan panitia, Mak Can sangat beruntung karena dapat berbincang secara langsung dengan ketua pelaksana Dog Day, Sarah Arnestia Yudandi dari angkatan 2013 yang sekaligus sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan Animal Strayday. “Capek dan adanya kendala itu pasti, tetapi semua telah terbayar oleh suksesnya acara yang tentunya didukung oleh kekompakan panitia, mungkin lain kali Animal Strayday jangan digabung lagi sama Dog Day, nanti bisa ribet but over all aku mengucapkan banyak terima kasih buat semua panitia yang telah membantu, dukungan Canine Malang dan Dogs Lover sukses selalu buat kedepannya!!” ungkap anggota Kepeta yang tergabung dalam divisi eksternal ini sembari tersenyum ringan. (PDP)

0 comments:

Post a Comment