.

Monday, April 27, 2015

Live Report Open Tender KAPEL-WAKAPEL PROBINMABA FKH UB 2015 : Sosok Leader, Planner dan Eksekutor dalam Pembinaan Mahasiswa Baru Berkarakter



     

            Leader, planner dan eksekutor, ketiga kata itulah yang menggambarkan sosok kandidat Ketua Pelaksana dan Wakil Ketua Pelaksana dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) FKH UB 2015 sebagai rangkaian acara Program Pembinaan Mahasiswa Baru 2015 (Probinmaba 2015). Malam itu, pukul 18.00, Kamis 23 April 2015 tampak suasana yang berbeda di Gedung D tepatnya ruangan D3 FKH UB, rupanya rekan-rekan dari Kementerian Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) dengan dibantu rekan-rekan kolega lain tengah mempersiapkan Debat Terbuka Open Tender Ketua Pelaksana dan Wakil Ketua Pelaksana Probinmaba FKH UB 2015. Tepat pukul 19.00 acara dibuka oleh Diana Anggraeni (2013C) selaku moderator dimana saat itu terlihat 2 pasangan calon Kapel-Wakapel Probinmaba yang telah menduduki kursi panasnya serta siap dengan visi dan misi yang akan mereka sampaikan kepada audience. Acara open tender ini merupakan program kerja Kementerian Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) untuk mempersiapkan PK2MABA FKH UB 2015 dalam acara ini juga turut mengundang Presiden BEM, Ketua DPM dan LSO beserta jajarannya serta segenap kolega FKH UB.
            Open tender tahun ini dikandidati oleh 2 pasangan calon Kapel-Wakapel Probinmaba FKH UB 2015, yaitu Eki Bahtiar (2013B)-Risalia Elite D. (2014D) dan Brian Permadi Widagdo Putra(2013C)-Syaifuddin Rahman (2013A). Setelah dipersilahkan oleh moderator, pasangan calon Kapel-Wakapel Probinmaba FKH UB 2015 Eki Bahtiar dan Risalia Elite D. menyampaikan visi misi, tema kegiatan dan konsep acara yang telah mereka rancang kepada audience. Untuk tema sendiri pasangan ini mengusung tema Mahasiswa Berkarakter Luhur dengan visi menjadikan mahasiswa berkarakter luhur yang berlandaskan pilar kolegium. Oktav, begitu sebutan untuk generasi baru FKH UB angkatan 2015 yang dicetuskan oleh pasangan Eki-Risa sedangkan untuk nama panitia sendiri mereka menamainya dengan Neuron, Neuron disini memiliki esensi bahwasanya bagian yang penting dalam sistem koordinasi. Di kubu lain pasangan calon Kapel-Wakapel Probinmaba FKH UB 2015, Brian-Syaifuddin juga telah siap untuk menyampaikan kerangka berfikir mereka seputar kegiatan Probinmaba FKH UB 2015. Sebagai calon Kapel-Wakapel Probinmaba 2015, pasangan ini memiliki visi membentuk mahasiswa berkarakter, dengan kesatuan yang utuh, disertai rasa sadar untuk membangun kolegalitas berdasarkan 7 pilar kolegium. Untuk angkatan ke-8 FKH UB mereka menyebutnya sebagai DNA, dimana nama ini memiliki makna menggambarkan ikatan karbon membawa informasi genetik dalam beregenerasi membentuk satu kesatuan yang disebut ikatan hidrogen. Sebelum membina karakter mahasiswa baru 2015, pasangan ini mencanangkan adanya pengkaderan terlebih dahulu untuk membentuk karakter mahasiswa baru berkarakter tanggung jawab, mandiri dan berbudi pekerti luhur.
            Malam Open Tender Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 ini semakin memanas ketika dibuka sesi tanya jawab antara audience dan peserta. Satu persatu SC (Steering Commite) dalam pemilihan Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 mulai meluncurkan pertanyan dan sanggahan kepada kedua kubu peserta, audience yang hadir dalam acara tersebut juga larut dalam gempitanya malam pemilihan Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 dan turut serta melontarkan pertanyaan. Sebagai penutup acara, peserta dari kedua kubu diberi waktu untuk saling adu pendapat seputar konsep kegiatan dan teknis Probinmaba 2015, disinilah kedua calon pasangan Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 diuji dan dicharge bagaimana dalam membina generasi baru FKH UB menjadi mahasiswa yang berkarakter melalui pemimpin yang berjiwa leadership, planner dan eksekutor. Debat antar peserta sekaligus menutup malam Open Tender Kapel-Wakapel Probinmaba 2015, 2 hari berselang tepatnya tanggal 25 April 2015 SC Open Tender Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 dibawah Kementerian PSDM mengeluarkan pengumuman resmi atas terpilihnya Kapel-Wakapel Probinmaba 2015, open tender ini dimenangkan oleh pasangan Brian Permadi Widagdo Putra (2013C) dan Syaifuddin Rahman (2013A). Selaku menteri PSDM BEM FKH UB 2015, Lia Aulia berpesan kepada calon terpilih untuk selalu menjaga amanah yang mereka emban dan berpegang teguh pada visi misi yang akan mereka canangkan. “Saya berpesan pada calon yang sudah terpilih untuk selalu berpegang teguh pada visi misi yang akan mereka laksanakan, amanah ini besar, hendaknya pasangan Kapel-Wakapel Probinmaba 2015 selalu menjaga kekompakan dan dapat mengayomi seluruh panitia. Untuk itu saya mengharapkan calon terpilih dapat menjaga keharmonisan antara pihak panitia mahasiswa dengan dekanat”, jelas mahasiswi FKH UB angkatan 2012 asli Mataram ini di akhir acara Open Tender Kapel-Wakpel Probinmaba 2015.
            Mak Can dan segenap Redaksi Pelaksana Buletin Suaka mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Brian Permadi Widagdo Putra dan Syaifuddin Rahman sebagai Ketua Pelaksana dan Wakil Ketua Pelaksana Probinmaba 2015 FKH UB. Semoga dapat mengemban amanahnya dan menjadi contoh leader yang baik untuk seluruh panitia serta dapat membina karakter generasi penerus FKH UB menuju Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya lebih baik. (PDP)

0 comments:

Post a Comment