.

Wednesday, August 12, 2015

Road to Candida’s Reborn: Bagaimana OSPEK Kampus Anda? Mendidik atau Menghardik?



 
Sumber: google.com/parodi OSPEK/1cak.com

Malang, Candida – Memasuki tahun akademik 2015/2016, sebagian besar universitas di Indonesia mulai melaksanakan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau lebih kerap disebut OSPEK. Melekat erat pada paradigma masyarakat Indonesia bahwasanya kegiatan OSPEK identik dengan ajang perpeloncoan dan senioritas. Namun menurut Sahabat Mak Can apakah definisi dari OSPEK itu sendiri? Apakah pelaksanaannya di Indonesia sudah “sehat”?
            Sudah bukan hal yang tabu jika pelaksanaan OSPEK di Indonesia acapkali penuh dengan kekerasan dan hal-hal tidak mendidik lainnya. Sebaliknya, OSPEK harusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan bertujuan mengenalkan kehidupan kampus yang sesungguhnya kepada mahasiswa baru dengan tatacara yang sesuaibukan cenderung menunjukkan senioritas dan perbedaan “kasta” antara mahasiswa lama dan mahasiswa baru. Sudah sepantasnya mahasiswa baru dididik untuk saling menghormati dan ditempa mentalnya untuk siap menghadapi kehidupan kampus, namun di Indonesia sendiri OSPEK seringkali disalahgunakan.
            Ironisnya konsep senioritas di Indonesia sangat disalah artikan dan hal ini selalu terulang setiap tahunnya. Ketika ditanya kepada pelaku penyelenggara OSPEK, mereka menjawab “karena memang sudah tradisi dan seperti itu dari dulu” Aneh bukan? Sudah saatnya kita merubah paradigma tersebut. OSPEK sudah tidak lagi dijadikan sebagai ajang balas dendam senior kepada juniornya. Tetapi benar - benar dijadikan sebagai momen untuk membimbing mahasiswa baru dalam memasuki dunia baru mereka, dijadikan sebagai ladang menabur kebaikan kepada sesama, membangun jembatan komunikasi antar mahasiswa serta antara junior dengan seniornya, bahkan antar mahasiswa dengan dosen serta stafnya. Sehingga mahasiswa baru benar - benar memiliki kesiapan mental, tidak merasa canggung dan memiliki rasa percaya diri yang kuat dalam menghadapi tantangan dunia kampus berikutnya. Dengan demikian pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus akan berjalan dengan “sehat” dan dapat membimbing mahasiswa baru ke arah yang lebih baik. (PDP)

#D-35Candida’sReborn

0 comments:

Post a Comment