.

Sunday, August 9, 2015

Road to Candida’s Reborn: MEA, hanya Dokter Hewan Asing Spesialis boleh Praktik di Indonesia



Malang, Candida – Apa itu Masyarakat Ekonomi Asean? Lebih dari satu dekade lalu, para pemimpin ASEAN sepakat membentuk suatu pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang. Ini dilakukan agar daya saing ASEAN meningkat serta dapat menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara – negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.
Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang dan jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, contohnya dokter hewan. MEA mensyaratkan adanya penghapusan aturan – aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing, sehingga pada intinya MEA akan lebih membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau minim tenaga asingnya.
Lantas apakah tenaga kerja Indonesia bisa bersaing dengan Negara Asia Tenggara lain? Sejumlah pimpinan asosiasi profesi mengaku cukup optimistis bahwa tenaga kerja ahli di Indonesia cukup bersaing, namun dokter hewan asing juga perlu dibatasi. Dosen Primatologi Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) RP Agus Lelana meminta adanya regulasi pembatasan dokter hewan asing menjelang implementasi MEA mendatang. Menurut Agus, Kementerian Pertanian telah melakukan pendekatan ke Kementerian Ketenagakerjaan terkait izin praktik dokter hewan asing yang dibatasi hanya untuk dokter hewan spesialis saja. Pemerintah juga mengupayakan adanya sertifikasi dokter hewan tingkat ASEAN. Sementara itu, dari sisi persiapan dokter hewan dalam negeri, sejumlah perguruan tinggi kini terus melakukan terobosan agar bisa menciptakan lulusan yang sejajar dengan tenaga kerja luar negeri. (AB)

#D-38Candida’sReborn

0 comments:

Post a Comment