.

Tuesday, March 29, 2016

Live Report: IMPROVE Punya keluarga Baru!!!


          Malang-CANDIDA. Salam! Cinta! Besar! Poll! Seruan tersebut menggema luar biasa  di ruang auditorium Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Lawang, diserukan dengan lantang oleh peserta diklat IMPROVE FKH UB. Diklat IMPROVE yang diadakan selama 3 hari yaitu dimulai pada tanggal  18 hingga 20 Maret 2016 ini memiliki tema “Generasi Revolusioner, Berorientasi Veteriner”. Acara yang diikuti oleh 180 peserta dari angkatan 2015 dan 2014 ini tergolong berjalan dengan sukses meskipun kepanitian terbentuk hanya dalam waktu singkat. Diklat IMPROVE ini merupakan gerbang utama untuk calon anggota IMPROVE agar dapat bergabung dengan 4 divisi IMPROVE yaitu KEPETA, KELAWAR, KESPER dan KERTAS. Selain itu, dengan menjadi anggota IMPROVE, mahasiswa FKH UB dapat magang secara resmi ke beberapa tempat yang diinginkan guna menambah skill dan wawasan dalam bidang Kedokteran Hewan.
         Pada hari pertama acara diisi dengan materi pengenalan IMPROVE yang menjelaskan tentang struktur organisasi IMPROVE yang disebut dengan Dewan Pimpinan IMPROVE, terdiri dari BPI IMPROVE dan 4 Ketua Divisi. Kemudian disusul materi kedua yaitu pengenalan setiap divisi IMPROVE yang dibagi menjadi empat stand dimana setiap divisi IMPROVE membawa hewan dan beberapa atribut yang dapat menarik minat peserta. Pengenalan setiap divisi IMPROVE ini bertujuan untuk menarik peserta untuk menjadi bagian dari divisi yang ada pada IMPROVE dan mengenalkan bahwa setiap divisi memiliki konsentrasi peminatan yang berbeda dari satu divisi dengan divisi IMPROVE yang lain.
Rangkaian acara hari ke 2 diawali dengan ibadah sholat shubuh, disini peserta dituntut untuk siap 30 menit sebelum acara pertama dimulai guna melatih kedisiplinan peserta. Kemuadian dilanjutkan dengan outbond. Pada outbond ini terdapat  9 pos, setiap pos memiliki misi tertentu dari 4 divisi IMPROVE. Pada setiap pos, 18 kelompok peserta diklat diberi game untuk diselesaikan dengan cara melawan kelompok lain dan di setiap akhir permainan panitia yang berada di pos memberikan pertanyaan tentang esensi dari setiap games tersebut. Di akhir acara outbond peserta diberi clue dan dituntut untuk memecahkan clue bersama-sama dengan cara menggabungkan semua clue yang telah diberikan pada setiap kelompok. Setelah Outbond peserta dipersilahkan untuk bersih diri dan mempersiapkan diri untuk puncak materi yaitu materi Keprofesian I dan Keprofesian II. peserta diklat Improve mendapatkan materi Keprofesian I tentang kelompok Pet Animal (KEPETA)  oleh drh. Awang Tedja, S.ked., AMP dan Kelompok Satwa Liar, Eksotik dan Aquatik (KELAWAR) oleh drh. Roosy Margaretha. Sedangkan untuk materi keprofesian II tentang Kelompok Ternak Besar (KERTAS) dengan pemateri drh. Iskandar Muda, M.Sc. dan Kelompok Perunggasan (KESPER) dengan pemateri drh. Faris Nurhanafi.
         Setelah waktu istirahat cukup pada sore hari hingga pukul 19.45 WIB, seluruh peserta melakukan puncak kegiatan pada malam hari dengan melakukan “Caraka”. Caraka merupakan kegiatan jalan malam atau biasa disebut sebagai jerit malam dengan menyampaikan pesan pada setiap pos yang dilalui dan diberi pertanyaan untuk mendapatkan sebuah clue yang akan dipecahkan bersama di akhir acara. Keesokan harinya, acara terakhir yaitu Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang dilakukan di Pasar Minggu STPP, peserta dituntut untuk dapat menjelaskan sebuah topik mengenai Kedokteran Hewan kepada masyarakat dan sebagai imbalan peserta akan mendapat nilai dari masyarakat secara langsung. Acara ditutup dengan apel penutupan yang diikuti dengan pengukuhan anggota IMPROVE secara simbolis oleh ketua IMPROVE (AR).

0 comments:

Post a Comment