.

Tuesday, March 29, 2016

Versus: Bagaimana CANDIDA di Mata Kolega?



          CANDIDA?? Pasti! Jargon itulah yang senantiasa menyertai setiap kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Jurnalistik FKH UB “CANDIDA”. Sebagai satu-satunya lembaga pers di Universitas Brawijaya yang masih berdiri di bawah kementerian BEM, CANDIDA terus bermanuver dengan proker-proker barunya demi terwujudnya impian CANDIDA untuk menjadi sebuah LPM. “Buletin Suaka” begitulah kerap disapa, merupakan salah satu program kerja CANDIDA yang sudah dicanangkan selama 2 tahun berturut-turut dan digagas sebagai proker yang selalu ada setiap tahunnya. Melalui buletin ini pula CANDIDA mengenalkan maskot “Mak Can” sebagai brand image CANDIDA. Sebagai komunitas jurnalistik, seringkali CANDIDA harus menuai pro dan kontra akibat tulisan-tulisan yang selama ini dimuat, baik dalam media online maupun cetak. Bahkan tidak jarang Mak Can harus menemui buletinnya berakhir di kolong bangku kuliah bahkan di tempat sampah (Menulis itu susah lho Sahabat Mak Can, kalau tidak percaya yog bergabung dengan kita). Melalui rubrik Versus ini, Mak Can ingin mengetahui bagaimana pandangan CANDIDA di mata kolega dan kira-kira bagaimana animo kolega tentang keberadaan CANDIDA, khususnya terhadap keberadaan Buletin Suaka di tengah-tengah Civitas Akademika FKH UB. Berikut tanggapan dari responden yang berhasil Mak Can wawancarai.

“Kalau dilihat dari tahun ke tahun sih CANDIDA sudah semakin baik. Gak pernah ketinggalan update berita seputar KH walaupun kadang berita yang diposting di blog suka agak ngaret (kurang paham apakah memang jadwal postingnya khusus di hari-hari tertentu atau bagaimana). Semoga kedepannya bisa tambah lebih baik lagi ya! Saran juga sih kalau bisa bahas isu-isu terkini di Indonesia biar Mahasiswa KH gak ketinggalan berita banget. Jadi bukan cuma ngerti apa yang lagi terjadi di KH tapi juga yang lagi terjadi di Indonesia.”
 (Rangkuman Hasil Wawancara Mahasiswa Angkatan 2012)

“ CANDIDA itu lembaga pers ? Emang FKH punya ya ? Abisnya gak populer sih”.  “ Buletin Suaka itu apa ? Terbit tiap  dua minggu, ? Iyakah ? Di kelas aku ngga ada ih”.  “ Aku ngga pernah baca, soalnya tidak pernah ada di kelas aku sih..”
(Rangkuman Hasil Wawancara Mahasiswa Angkatan 2013)

Dari beberapa responden yang Mak Can kumpulkan hasilnya rata-rata tidak ada yang mengenal CANDIDA. Apalagi Buletin Suaka,dan setengahnya mengenal kalau CANDIDA adalah nama buletin yang selalu hadir di meja kelas setiap selasa pagi. 
“CANDIDA itu nama majalahnya ya ?  Kurang tau juga ya ?” 
“CANDIDA sedikit kurang menarik jadi anak-anak kurang minat untuk membaca. Mungkin untuk kedepannya lebih dipromosiin lagi sehingga CANDIDA menjadi lebih terexpose disetiap angkatan.”
(Rangkuman Hasil Wawancara Mahasiswa Angkatan 2014)

“ Nama persma FKH apa ya ? CANDIDA ? Oh iya tau kak. Yang selalu buat buletin ya kak ? kalau bisa,buletinnya jangan hitam putih kak, kalau bisa berwarna semua. Sama isinya jangan anak hits semua, kalau bisa sih mahasiswa yang  jarang terekspose diekspose juga, jadi biar  kesannya lebih merakyat juga. Ukuran  buletin nya kalau bisa diperbesar lagi kak, kalau bisa sebesar buku BigBoss itu kak. CANDIDA itu sudah keren sebenarnya kak. Selai  memaparkan berita  di KH  tiap tahun juga mengeluarkan  tiap 2 minggu sekali, sehingga beritanya terbilang up to date untuk dibaca.  Kekurangannya selama ini ya kurang publikasi kak....”
(Rangkuman Hasil Wawancara Mahasiswa Angkatan 2015)

          Demikian tanggapan kolega mengenai CANDIDA. Banyak masukan, kritik dan juga saran yang sangat membangun untuk CANDIDA dalam menjalankan kegiatan jurnalistik ditengah-tengah kesibukan Kolega FKH UB. Semoga dengan ini CANDIDA bisa semakin blow up dan senantiasa menyajikan berita-berita teraktual untuk para Kolega sekalian. “Mungkin kami masih banyak kekurangan, banyak hal yang perlu kami perbaiki, tapi mohon jangan buang kami!!! “#CandidaPasti (Mak Can)

0 comments:

Post a Comment