.

Thursday, July 9, 2015

BIKER PEPE ( Bibir Kering Pecah Pecah ) saat Puasa


Assalamualaikum, selamat  menjalankan ibadah puasa kolega Mak Can,  nah kali ini Mak Can akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama puasa. Selama puasa bibir kering dan pecah-pecah sering terjadi, hal tersebut karena selama kurang lebih 14 jam tubuh mengalami kekurangan cairan serta nutrisi.
Berikut ini tips cara meminimalisir/mencegah terjadinya bibir kering dan pecah-pecah selama puasa, antara lain: perbanyak minum air putih, nah… tahu sendiri bukan bahwa kita perlu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya seperti iklan salah satu  produsen air mineral yang menyarankan minum air mineral dengan rumus 242 (dua gelas sesudah bangun 4 gelas di siang hari dan 2 gelas sebelum tidur). Jika dalam kondisi berpuasa, minum air dapat dilakukan saat sahur, berbuka, maupun sesudah tarawih dan tentunya sebelum tidur.
Hindari kebiasaan menjilat bibir, kebiasaan  menjilat bibir ternyata tidak baik lhoo bagi kesehatan permukaan kulit bibir. Memang jika hal ini dilakukan akan seketika membuat bibir lembab, tidak kering, dan tampak tidak pecah. Akan tetapi, hal tersebut hanya bersifat sesaat, selanjutnya justru dapat menambah kering bibir. Hal itu dikarenakan air liur yang menempel pada permukaan bibir dapat  mengering sehingga dapat menambah kering kulit bibir. Untuk itu, sebaiknya kurangi atau lebih baik hindari kebiasaan buruk tersebut.
Konsumsi buah dan sayur segar, selain banyak minum air putih cara yang baik untuk mengurangi bibir kering dan pecah yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Saat sahur dan berbuka puasa rajinlah untuk mengkonsumsi olahan sayur serta dilengkapi dengan buah yang banyak mengandung vitamin C, E, A, zat antioksidan dan asam lemak esensial. Buah yang mengandung nutrisi tersebut dapat melembabkan kulit serta berkhasiat untuk menyembuhkan bibir kering.
Hindari makanan pedas dan asin, saat buka maupun sahur makanan pedas dan asin ternyata tidak baik bagi yang memiliki bibir kering. Saat berbuka dan sahur usahakan untuk menghindari makanan dengan rasa tersebut. Karena makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyebabkan mulut dan bibir kering. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat cepat merasa haus.
Hindari  kebiasaan mengelupas kulit bibir, Jika memiliki kebiasaan buruk sering menguliti atau mengelupas kulit bibir yang pecah, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jika bibir dalam kondisi pecah dan kering dikelupasi secara paksa, hal ini akan semakin memperparah kondisi bibir. Yang paling sering terjadi yaitu bibir akan terasa perih karena kulit yang terkelupas secara paksa sehingga menyebabkan iritasi, atau bahkan sampai mengeluarkan darah. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut, lebih baik lakukan perawatan-perawatan yang berguna untuk mengobati bibir kering Anda.  
Membersihkan sel kulit mati pada bibir. Bibir kering dan pecah yang mengelupas merupakan sel kulit yang telah mati. Sebelum sel kulit mati tersebut membuat bibir Anda terasa perih dan tidak nyaman akan lebih baik jika Anda membersihkannya terlebih dahulu. Perawatan ini Anda lakukan minimal satu kali dalam satu minggu. Caranya yaitu terlebih dahulu basahi bibir Anda dengan air hangat, kemudian gosok bibir menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu dengan tekstur lembut, misalnya sikat gigi untuk bayi atau balita. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar bibir tidak terlukai.
Hindari minuman berkafein untuk Anda yang tidak ingin bibir Anda kering dan pecah, hindarilah minuman yang mengandung kafein tinggi. Hal ini dikarenakan kafein dapat mengurangi kelembaban kulit Anda. Jika Anda ingin sesekali minum air hangat yang memiliki rasa, sebaiknya ganti konsumsi kopi yang berkafein dengan meminum teh herbal misalnya teh hijau atau chamomile. Minuman teh tersebut justru lebih berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh.
Bagaimana kolega Mak Can? Adakah diantara cara di atas yang pernah kolega coba untuk mengatasi bibir kering dan pecah, khususnya selama berpuasa? Jangan sampai gangguan terhadap kesehatan yang ringan seperti bibir kering dan pecah ini mengganggu pula pada ibadah puasa yang  dijalani ya. (NS)
                                                                                                                             
#D-68Candida’sReborn

0 comments:

Post a Comment