.

Wednesday, July 8, 2015

Tidur setelah Sahur, Bahaya!!! Apa Kata Medis ?

        Pasti banyak sekali sahabat Mak Can yang sering tertidur (ataupun dengan sengaja tidur) setelah sahur? Iya sih, godaannya itu loh yang nggak nahan. Udara pagi yang dingin dan perut yang kenyang, pasti banyak meruntuhkan pertahanan kita semua untuk tidak tidur kembali. Alhasil, kita tidur lagi. Tapi tunggu, ada rumor yang mengatakan jika tidur di pagi itu mematikan otak dan sering menimbulkan mimpi buruk, itu benar tidak ya? Mari kita bahas bersama
      Pertama, kita lihat dari sisi agama dulu. Waktu pagi adalah waktu yang baik untuk beribadah kepada Allah, dengan sholat dhuha, bekerja, maupun belajar juga merupakan bentuk ibadah yang lebih bermanfaat daripada tidur. Selain itu tidur pagi juga bukan merupakan perilaku nabi, bahkan termasuk perilaku yang dibenci oleh nabi, tidur pagi menyebabkan kita tidak mendapatkan barokah di dalam waktu amalan kita, menyebabkan kita menjadi malas dan tidak bersemangat pada sisa hari dan juga dapat menghambat datangnya rizki serta dapat melemahkan (ehm maaf) syahwat. Duh, gawat juga bahaya tidur di pagi hari menurut agama jika seperti itu, masih berani tidur di pagi hari?
Bagaimana jika kita lihat dari sisi medisnya. Mengapa agama juga melarang tidur pagi, pasti ada alasannya bukan? Berikut jika kita tinjau dari sisi medis.
  1. Masalah ketidak seimbangan metabolisme, ketika kita tidur pagi terlalu lama maka akan mempengaruhi metabolisme tubuh kita. Tubuh pada pagi hari biasanya beraktivitas, tapi pada saat kita tidur keseimbangan metabolisme tubuh akan terganggu karena berubahnya jadwal kita. Ketidakseimbangan metabolisme ini juga akan mempengaruhi berat badan dan dapat menyebabkan obesitas serta penyakit diabetes.
  2. Tidur pagi akan menyebabkan ketika bangun, badan akan semakin lesu seharian, karena metabolisme dalam tubuh kita kacau, tubuh masih dengan “set malam”, sistem tubuh kurang bekerja secara optimal, sehingga akan mempengaruhi tingkat energi saat kita bangun.
  3. Sakit kepala, saat kita tidur tanpa kita sadari cairan cerebrospina mengalir ke otak. Pada saat malam cairan itu mengalir, ketika kita memperpanjang tidur, cairan itu semakin banyak yang mengalir, sehingga menyebabkan kita sakit kepala. Selain itu juga dapat mengganggu keseimbangan fungsi otak.
  4. Rawan terkena leukimia (kanker darah ), ini disebabkan antara pukul 06.00 - 12.00 siang terjadi peningkatan kadar darah putih yang ada. Jika kita tidur maka peningkatannya akan semakin banyak dan berakibat fatal bagi tubuh kita. Selain kanker darah, kita juga akan terkena anemia, yaitu kurang darah.
  5.  Terkena penyakit jantung, hal ini disebabkan karena lambung minimal 4 jam untuk memproses makanan yang kita makan. Terbayang sendiri bagaimana jika setelah makan sahur langsung tidur kan, selain itu juga dapat menganggu fungsi pencernaan.
Nah sudah tahu tentang bahaya tidur pagi bukan, apakah masih mau tidur pagi? Masih mau terkena penyakit anemia, leukimia, diabetes atau penyakit jantung? kalau Mak Can sih jelas tidak. Daripada tidur lagi setelah sahur, lebih baik kita tadarusan atau mendengarkan pengajian subuh bukan? Hitung-hitung juga menambah pahala kita di bulan yang penuh berkah ini. Salam Mak Can. (NR)

#D-69Candida’sReborn

0 comments:

Post a Comment