.

Monday, July 6, 2015

Cerita dibalik Berita


        Mungkin pembaca tidak asing mengenai judul diatas. Judul tersebut penulis ambil dari salah satu buku mengenai cerita dunia pers dan jurnalistik wartawan Harian Umum Republika. Namun tulisan ini bukan untuk mereview buku tersebut, sehubungan dengan #Candida’sReborn penulis ingin pembaca sekalian mengetahui arti penting pers sebenarnya dan beberapa kejadian menarik terkait dunia pers.
        
           Masih ingatkah pembaca tentang kisah wartawan yang menghentikan aksi pemerkosaan siswi SMP Agustus 2014 lalu? Ketika itu wartawan yang hendak meliput acara di Gedung Bank Indonesia di Cirebon secara tidak sengaja melihat kejadian tersebut dari lantai 2 Gedung BI Cirebon, para wartawan yang berada disana sempat mengabadikan kejadian tersebut kemudian datang menolong siswi SMP yang hendak diperkosa tersebut. Dengan adanya foto yang diabadikan oleh wartawan merupakan bukti yang sangat berguna dalam menangkap pelaku dari kejadian tersebut.
        
           Pernahkah terpikir oleh pembaca sekalian mengenai berita yang terjadi dalam konflik antara Palestina-Israel yang diambil ekslusif oleh wartawan disana. Ya, para wartawan tersebut harus berjuang mempertahankan hidup dan matinya hanya untuk menyajikan berita terkait perkembangan disana kepadaseluruh penduduk dunia. Tak jarang wartawan tersebut harus gugur dalam melaksanakan tugasnya. Salah satunya yaitu Hamed Shehab, wartawan TV Al-Aqsa, Palestina yang tewas terkena serangan udara Israel saat hendak pulang kerumahnya. Organisasi wartawan Palestina mengutuk kejadian yang menimbulkan kematian anggota pers yang banyak ditargetkan Israel karena dianggap melawan kebebasan pers.