.

Friday, July 3, 2015

Kenali Insomnia dengan Baik



Malang, Candida- hari ini kami akan membahas salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi diantara kita yaitu insomnia. Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusiaagar kinerja dan performa tubuh tetap optimal saat tubuh sedang terjaga. Selama tidur tubuh akan melakukan berbagai fungsi fisiologi tubuh diantaranya yaitu membentuk dan meregenerasi sel, mendukung fungsi otak dan mengisi kembali energi dalam tubuh serta untuk membantu proses-proses tumbuh dan berkembang pada anak usia muda. Umumnya, kebutuhan tidur pada manusia yaitu 6-7 jam per hari, namun kepadatan aktivitas dan pola hidup yang tidak benar akan menyebabkan tubuh akan terjaga lebih lama sehingga akan berakibat pada gangguan pola tidur. Gangguan pola tidur ini lama kelamaan akan menyebabkan kondisi yang sering kita sebut dengan insomnia.
Insomnia bukanlah suatu penyakit, namun merupakan suatu gejala yang terjadi akibat berbagai sebab seperti kelainan fisik, pemakaian obat-obatan tertentu dan kelainan emosional. Insomnia sering dialami baik mereka yang masih muda ataupun sudah berusia lanjut. Insomnia sendiri menurut National Institutes of Health, didefinisikan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Gejala dari insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional tubuh saat bangun yaitu seperti penderita selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari. Jenis-jenis gangguan insomnia sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yaitu sleep onset (sulit untuk tidur), maintaining continuous sleep (selalu terbangun di tengah malam) dan waking up too early (selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan).Insomnia pada remaja dan dewasa muda banyak terjadi karena gangguan emosional seperti depresi, ketakutan, kegelisahan dan kecemasan. Selain itu, juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak seimbang dan pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi junk food, minuman yang beralkohol dan berkafein tinggi. 
Bahaya dari masalah insomnia ini sangatlah banyak diantaranya yaitu dapat meningkatkan risiko stroke khususnya pada orang-orang dewasa, menyusutkan volume otak dan menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas, serta dapat meningkatkan risiko kematian. Mengingat bahaya dari masalah insomnia ini maka penyembuhan dari insomnia sangatlah perlu dilakukan secara dini. Penyembuhan dari insomniatergantung pada penyebab dan beratnya tingkatinsomnia. Tips untuk mengatasiinsomnia dapat dilakukan dengan terapi kognitif yaitu memperbaiki kebiasaan tidur dengan membuat jadwal tidur yang regular dan rasional serta menciptakan kondisi lingkungan tidur yang mendukung seperti mengurangi suara-suara yang tidak menyenangkan dan mengurangi cahaya pada ruangan serta menggurangi aktivitas berlebihan ketika hendak tidur. Selain itu terapi juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium, magnesiumdan tryptophan yang tinggi salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur. Mengingat begitu banyaknya bahaya yang ditimbulkan dari insomnia maka sudah seharusnya kita bisa mengatasi masalah inidan mari tingkatkan pola hidup dengan baik untuk menjaga tubuh agar tetap prima! (SE)
#74DaysOfCandidaReborn

0 comments:

Post a Comment